5 Cara Mendidik Anak Supaya Memiliki Karakter Baik Dalam Berperilaku

Pada dasarnya setiap orang tua menginginkan anaknya menjadi anak yang mempunyai karakter baik dimana pun berada. Ternyata karakter tersebut dapat dibentuk salah satunya oleh para orang tua selaku guru pertama bagi anak. Tentunya dengan cara mendidik anak terkait berbagai macam hal positif melalui cara yang baik pula. Mengingat masa kanak-kanak cenderung lebih banyak meniru ketimbang mendengarkan perintah.

Pendidikan karakter semenjak dini terbilang cukup penting dalam membentuk sebuah kepribadian dari anak tersebut ketika beranjak dewasa. Selain terkait dengan karakter, mendidik anak sejak dini juga penting untuk membentuk intelegensi anak, dimana saat usia 4 tahun telah mulai terbentuk. Adapun ulasan terkait cara memberikan pendidikan kepada anak dalam sebuah keluarga adalah sebagai berikut:

1. Membiasakan Anak Bersikap Jujur 

Cara pertama yang bisa dilakukan oleh orang tua dalam mendidik anaknya adalah dengan membiasakan anak untuk bersikap jujur. Baik dari aspek tutur kata sampai dengan perilaku anak dalam keseharian. Dimana anak dapat menerima sebuah fakta atau kebenaran, walaupun nantinya akan berakibat pada suatu konsekuensi.

Sikap jujur memang memang kelihatannya cukup mudah dilakukan namun dalam praktek yang terjadi, jujur merupakan suatu tindakan yang susah-susah gampang untuk dikerjakan. Dalam hal ini orang tua dapat memberikan contoh perilaku jujur kepada anak saat bertindak menjalankan aktivitas di rumah.

2. Mengajarkan Untuk Menghargai Orang Lain 

Sebelum para orang tua membiarkan sang buah hati untuk berinteraksi, bermain serta menjalin komunikasi dengan lingkungan sekitar. Setidaknya anak tersebut perlu diajarkan mengenai cara menghargai orang lain dengan baik terlebih dahulu.

Cara ini bisa dimulai dalam lingkup keluarga seperti membiasakan anak untuk memberikan salam, menawarkan bantuan bagi yang membutuhkan dan lainnya. Hal ini penting dilakukan supaya anak tidak tumbuh dengan sikap egois dan memaksakan kehendak yang diinginkan.

3. Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab 

Umumnya masa anak-anak belum merasa bahwa dirinya memiliki sebuah tanggung jawab yang cukup besar, mengingat berbagai macam kebutuhan telah dipenuhi oleh orang tuanya. Akan tetapi hal ini akan sangat berubah jika anak tersebut telah tumbuh dewasa.

Sebelum waktunya terlambat maka orang tua bisa membiasakan sikap tanggung jawab sedari dini. Misalnya dengan membiasakan anak untuk membersihkan, merapikan dan mengatur kamarnya sendiri. Serta anak juga perlu dilatih untuk menyiapkan beragam kebutuhan sekolah secara mandiri dan lainnya.

4. Mengajarkan Anak Bersikap Sopan 

Selain beberapa sikap di atas, anak juga butuh untuk diajarkan terkait sikap sopan santun terutama kepada orang yang lebih tua. Sikap satu ini perlu dimiliki oleh seorang anak dikarenakan dapat menjadi cermin diri dari anak tersebut.

Adapun langkah untuk mempraktikkan cara mendidik anak ini tidak perlu jauh-jauh. Pertama bisa dilakukan dalam lingkungan keluarga dengan membiasakan anak untuk bertindak sopan terhadap orang tua, kakak maupun adik.

5. Memperkenalkan Anak Kepada Konsekuensi 

Secara umum segala tindakan yang dilakukan memiliki sebuah konsekuensi entah itu baik ataupun buruk. Sikap ini perlu ditanamkan dan diajarkan kepada anak semenjak kecil. Orang tua bisa menetapkan sejumlah aturan dalam rumah, misalnya jika anak melanggar akan diberikan sanksi. Untuk sanksi bisa berbentuk menyuruh anak untuk membantu pekerjaan rumah semisal menyapu dan lainnya.

Demikian ulasan mengenai 5 cara mendidik anak supaya memiliki karakter yang baik dalam berperilaku. Baik di lingkungan sekolah, keluarga dan juga masyarakat sekitar. Hal ini perlu dilakukan dengan harapan menjadi sebuah kebiasaan bagi anak supaya memiliki kepribadian yang baik apabila telah tumbuh dewasa nantinya.