5 Tips Mengatur Keuangan Supaya Tidak Bokek diakhir Bulan

Tidak sedikit dari kita yang kehabisan uang sebelum akhir bulan, dan tanpa kita sadari uang kita tiba-tiba menipis. Hal tersebut tentunya terjadi karena kita tidak mengatur keuangan bulanan kita. Dan hasilnya uang habis sebelm waktunya dan tanpa kita sadari.

Mengatur keuangan bulanan memang tidak dilakukan oleh semua orang, namun tanpa disadari kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi kita supaya dapat mengatur pemasukan dan pengeluaran kita selama sebulan.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang tips cara mengatur keuangan kita selama sebulan. Tentunya artikel ini sangat bermanfaat bagi kita semua khususnya para ibu rumah tangga dan juga para mahsiswa yang hidup di kos.

1. Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Tips yang pertama yaitu dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran anda selama sebulan. Jika anda mengetahui pemsukan dan pengeluarannya apa saja, maka akan mengetahui sisa uang yang akan kita punya. Dengan begitu kita bisa lebih hemat jika mengetahui uang kita tinggal seddikit.

2.   Membagi-bagi Sesuai Kebutuhan

Yang dimaksud dengan membagi-bagi sesuai kebutuhan adalah ketika kita baru menerima gaji, maka kita harus menyisihkaan sebagian untuk ditabung, untuk kebutuhan primer, kebutuhan sekunder bahkan untuk dana darurat. Dengan begitu kita akan lebih bisa menghemat dan tidak akan kehabisan dana sebelum akhir bulan.

3.      Menabung

menabung harus dilakukan diawal gajian, jadi uang tabungan bukan merupakan uang sisa kebutuhan kita di akhir bulan. Dengan begitu kita akan lebih hemat dalam pengeluaran, dan sesalu memiliki uang cadangan bila ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

4.      Berhemat

Selain menabung, kita juga harus berhemat dan harus bisa mengurangi membeli barang-barang yang tidak diperlukan, contohnya tidak selalu membeli baju, jika memang tidak diperlukan, hemat dalam membeli makanan, dan hemat dalam urusan rumah tangga lainnya, contonya selalu membelikan anak mainan yang tidak begitu diperlukan, dll.

5.      Ubah Kebiasaan yang Buruk

Kebiasaan buruk yang dimaksud di atas salah satunya adalah lebih hemat listrik, seperti mematikan TV ketika sudah tidak digunakan, tidak menyalakan lampu pada waktu siang hari, dan masalah listrik lainnya. hal tersebut harus benar-benar kita patuhi, karena biaya listrik adalah biaya yang sering dilupakan tapi berdampak besar bagi pegeluaran dana kita.