Bantu Saudara Kita yang Sedang Sakit Dengan Donasi, Ini Yang Akan Kamu Dapat

Di zaman digital seperti saat ini, hal apapun dapat dilakukan secara online. Mulai dari bersosialisasi, belanja, pesan taksi atau ojek dapat lewat online pun sangat mudah dilakukan di dunia maya melalui perantara media.

Bersyukurlah kita karena denga hadirnya digital ini dapat mempermudah kita melakukan berbagai macam hal lewat online dengan lebih bermanfaat, salah satunya adalah memberikan donasi yang kini dapat dilakukan via online.

Padahal beberapa decade lalu sebelum digital merebak, donasi hanya dapat dilakukan secara langsung atau dengan perantara lembaga donasi yang nantinya akan menyalurkan donasi ke berbagai macam tempat dan kebutuhan.

Hal itu tentu tidaklah masalah,karena pada dasarnya donasi dilakukan secara ikhlas dan sukarela tanpa ada unsur paksaan di dalamnya. Jadi baik era digital maupun sebelum digital tidaklah masalah.

Untuk kamu yang masih bingung, apa sih perbedaan donasi dan sedekah. Jika kita perhatikan secara seksama, donasi dan sedekah memang merupakan kedua hal yang memiliki kesamaan yakni pada tujuan yang dimilikinya dengan “sama-sama mengeluarkan dan memberikan”.

Namun bila bila kita mengacu pada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), donasi dan sedekah ternyata memiliki perbedaan loh, berikut perbedaanya:

  • Donasi : sumbangan tetap (berupa uang) dari penderma kepada perkumpulan
  • Sedekah : pemberian sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya, di luar kewajiban zakat dan zakat fitrah sesuai dengan kemampuan pemberi; derma

Walapun pengertian keduanya berfokus pada makna masing-masing, akan tetapi tujuannya tidak dapat dipingkiri tetaplah sama. Dimana keduanya dilakukan sesuai dengan kadar keikhlasan kita untuk bantu pasien sakit atau yang terkena musibah lainnya, dan hal ini merupakan amalan kebaikan yang patut di tanamkan di dalam diri.

Dalam beberapa Agama sendiri donasi atau beramal adalah sesuatu yang dianjurkan. Apabila kita ingin melakukannya dan ikhlas memberi karena-Nya, niscaya ini akan memberikan manfaat yang begitu besar. Seperti yang tercantum dalam salah satu hadits HR Muslim berikut ini:

Tidaklah sedekah itu mengurangi harta dan tidaklah pemberian maaf itu kecuali ditambah kemuliaan oleh Allah dan tidaklah seseorang tawadhu karena Allah, kecuali Dia akan mengangkat derajatnya. (HR Muslim)

Oleh karena itu, mari tanamkan dalam diri untuk rajin dalam bersedekah dan manfaatkanlah kemajuan di era digital seperti sekarang ini, agar berdonasi menjadi sebuah kebiasaan yang dapat memberikan pahala serta kebaikan lainnya.

Platform Donasi Online

Ingin membantu sesama manusia baik itu saat bencana, krisis atau pandemi? Saat ini kamu bisa menyalurkan bantuan atau donasi melalui sejumlah situs online loh.

Dahulu menyalurkan donasi hanya dapat dilakukan dengan menitipkan uang secara langsung ke penerima donasi ataupun Lembaga peggalang donasi. Saat ini kamu bisa menyalurkan bantuan melalui sejumlah situs online, baik website atau aplikasi, tanpa harus keluar rumah seperti di WeCare.id.

Kamu dapat memberikan donasi melalui online untuk membantu sesama manusia di berbagai wilayah Indonesia bahkan hingga pelosok daerah yang sedang membutuhkan pertolongan. Tanpa harus keluar rumah, kamu dapat menyalurkan donasi online dengan bantuan jaringan internet dan smartphone atau laptop.

WeCare.id, Platform Donasi Online yang Fokus Pada Kesehatan

Salah satu situs donasi online yang dapat kamu gunakan adalah WeCare yang dapat diakses di http://wecare.id. Mengutip dari situsnya, WeCare.id merupakan situs web donasi yang dibangun khusus untuk mengumpulkan dana bagi pasien – pasien yang memiliki kemampuan finansial terbatas serta tinggal di wilayah yang sulit dijangkau, dan juga belum memiliki kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial).

WeCare.id bekerja sama dengan petugas kesehatan seperti dokter dan perawat di rumah sakit untuk menghubungkan para calon donatur dengan para pasien sehingga mereka dapat memperoleh pengobatan dan fasilitas Kesehatan serta pendukung lainnya yang menyeluruh secara gratis.

Hikmah Berdonasi Online

Akan selalu ada beberapa hikmah yang bisa kita peroleh dari kegiatan yang satu ini, seperti:

   1. Belajar untuk berdonasi

Seperti yang kita ketahui manusia hidup di dunia ini hanya sekali dan akan terus belajar dan belajar, menjalani setiap proses yang dilaluinya.  Akan selalu ada unsur manfaat di dalamnya ketika kita berhasil mempelajari serta mengambil hikmah dari apa yang kita lakukan. Seperti halnya dengan belajar untuk rutin dalam donasi baik offline ataupun online.

Pada awalnya beberapa diantara kita mungkin tidak terbiasa untuk melakukan donasi, namun percayalah setelah adanya situs donasi online seperti WeCare, akan mempermdah kita dalam urusan sosial ini.

Tidak harus berdonasi dalam jumlah yang besar, kita dapat memulainya dari jumlah yang kecil terlebih dahulu. Step by step yang terpenting iklhas dan niatkanlah di dalam diri untuk terus melakukannya.

   2. Membiasakan diri untuk melakukannya

Kala bisa karena terbiasa, apapun itu, percayalah apabila kita telah terbiasa melakukan niscaya akan susah untuk ditinggalkan. Sama seperti saat kita melakukan donasi secara online yang lebih mudah dan praktis dilakukan ini. Kegiatan sosial ini merupakan salah satu amalan kebaikan yang bisa kita lakukan untuk memupuk pahala.

Dengan membiasakan diri dalam berdonasi, secara tidak langsung, kita telah menanamkan sugesti dan telah membiasakan diri untuk menyalurkan sebagian dari harta yang dimiliki. Lakukanlah dengan ikhlas, niscaya apa yang kita berikan akan bernilai manfaat. You can do it!

Itu tadi beberapa hikmah berdonasi, menginat manfaat yang sangat luar biasa dari berdonasi, yuk biasakan diri untuk berdonasi secara rutin.