Beberapa Rekomendasi Managed Switch dengan Kualitas Terbaik

Bagi sebuah perusahaan, network switch merupakan salah satu alat yang harus ada di dalam jaringan komputer mereka. Mengapa? Network switch digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya melalui OSI Model. Sehingga, data akan dikirimkan ke layer 2 atau link layer. Beberapa network switch juga dapat mengirimkan data ke layer 3. Hal ini bisa dilakukan jika menggunakan tambahan konfigurasi. Network switch yang ada di pasaran dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan tipe konfigurasinya. Network switch yang tidak menggunakan konfigurasi termasuk dalam tipe unmanaged network switch. Sedangkan network switch yang menggunakan konfigurasi disebut dengan managed switch. Tipe managed ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan tipe unmanaged seperti adanya fitur monitoring, network redundancy, dan pengelolaan data. Oleh karena itu, banyak pengguna yang lebih memilih untuk menggunakan network switch dengan tipe managed.

Saat ini, ada banyak tipe managed switch yang dijual di pasaran. Para pengguna bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan mereka. Akan tetapi, sebelum memilih network switch tipe managed, akan lebih baik jika pengguna mengetahui tentang deskripsi dari alat tersebut. Sehingga, alat yang dipilih benar – benar bermanfaat. Salah satu rekomendasi dari network switch tipe managed adalah Omni Switch 6450 – 48. Seperti network switch tipe managed pada umumnya, alat ini memberikan sistem keamanan yang baik sehingga jaringan komputer yang ada akan dapat berfungsi tanpa hambatan. Selain itu, network switch ini juga menawarkan fungsi pengecekan IP Address untuk memastikan proses transfer data berjalan dengan baik. Kapasitas dari network switch ini dapat digunakan di beberapa tempat tidak hanya perusahaan tetapi juga institusi lain semisal kampus dan sekolah. Omni Switch 6450 – 48 juga dapat diinstal dengan menggunakan Virtual Local Area Network (VLAN). Beberapa fitur yang ada di Omni Switch 6450 – 48 adalah tersedianya 48 port yang bisa digunakan oleh perangkat, kecepatan transfer yang cukup tinggi mencapai 176 Gb/s, serta meningkatkan kualitas data yang terkirim. Omni Switch 6450 – 48 juga dapat dihubungkan pada perangkat Voice Over Internet Protocol (VoIP) dengan QoS. Sementara itu, dimensi dari alat ini untuk lebar x tinggi x kedalaman adalah 17.32 cm x 4.4 cm x 39.1 cm. Berat Omni Switch 6450 – 48 sekitar 5.44 kg.

Rekomendasi managed switch lainnya adalah Omni Switch 6350 – P10. Network switch ini merupakan salah satu bagian dari Fixed Configuration Gigabit Ethernet Switches. Ada banyak keunggulan yang ditawarkan oleh produk network switch ini seperti sistem keamanan yang lebih tinggi serta fitur yang lengkap. Salah satunya adalah Power over Ethernet (PoE+). Selain itu, produk ini juga lebih hemat energi dibandingkan network switch lainnya. Perawatan dan pengoperasiannya yang mudah membuat Omni Switch 6350 – P10 dipilih oleh banyak orang. Alat ini juga menawarkan beberapa macam fitur seperti tersedia 10 port bagi perangkat. Selain itu, ada tambahan dua buah RJ-45/SFP Combo Port Uplinks. Kapasitas switch yang dimiliki adalah sebesar 20 Gb/s. Omni Switch 6350 – P10 juga bisa dihubungkan dengan Voice over IP (VoIP), VLAN, dan Auto-QoS. Omni Switch 6350 – P10 juga memiliki akses pada Access Control Lists (ACLs), routing, dan relay Dynamic Host Configuration Protocol (DCHP). Ukuran dari produk ini untuk lebar x tinggi x kedalaman adalah 21.5 cm x 4.4 cm x 29.21 cm.