Cara Bangun Rumah Dengan Dana Terbatas

Apakah memungkinkan untuk bangun rumah dengan dana yang terbatas? Setiap orang tentu menginginkan punya rumah yang layak untuk ditempati. Tapi bagaimana jika memiliki keterbatasan dana untuk membangun rumah?

Dengan cara yang cerdas dan strategi tepat, memiliki rumah impian dengan dana terbatas bukan hanya mimpi. Berikut ini adalah beberapa strategi tepat yang bisa anda terapkan untuk punya rumah.

1. Maksimalkan Lahan Yang Kecil

Yang pertama Anda bisa memaksimalkan lahan yang meski kecil tapi bisa dijadikan sebagai rumah. Anda yang tidak punya budget juga bisa memilih lahan dengan luas yang relatif kecil untuk menekan budget. Rumah dengan lahan yang kecil juga akan menekan biaya pajak akan jauh lebih murah.

Tentu saja untuk biaya pembangunan rumah juga akan lebih rendah. Anda bisa memaksimalkan budget yang ada untuk fokus ke pembangunan rumah impian.

2. Miliki Rumah Konsep Minimalis

Yang kedua, untuk menekan biaya maka anda bisa memilih punya rumah dengan konsep minimalis. Rumah minimalis memiliki desain yang fungsional dan juga simple. Selain itu rumah juga punya tema sederhana.

Anda bisa bangun rumah dengan interior open plan dan dekorasi sederhana. Rumah dengan konsep minimalis juga mampu menekan biaya pembuatan rumah.

3. Lakukan Survei Bahan Material

Anda juga perlu lakukan survei untuk bahan material, agar bisa menemukan material dengan harga yang terjangkau tapi kualitasnya masih cukup bagus untuk bangunan rumah. Untuk menekan biaya, maka anda bisa lakukan survei sendiri.

Anda bisa melakukan survei langsung ke toko bangunan di sekitar lingkungan rumah. Atau bisa juga melakukan survei secara online di toko-toko bangunan online yang banyak tersedia di internet hingga marketplace bangunan. Pastikan bahwa Anda melakukan perbandingan secara detail untuk tahu bagaimana kualitas material yang ingin digunakan.

4. Lakukan Pembangunan Secara Bertahap

Dengan dana yang terbatas, maka Anda bisa melakukan pembangunan rumah impian dengan cara bertahap. Meski mungkin nantinya rumah impian Anda akan dibangun dalam waktu yang lama, tapi tidak masalah karena pada akhirnya rumah tetap jadi.

Dimulai dengan pembuatan pondasi rumah dengan dana yang ada. Lalu nanti dicicil kembali jika dananya sudah terkumpul. Anda bisa punya waktu lebih banyak untuk menyiapkan dana tanpa harus terbebani. Apalagi jika anda orang yang tidak berani berhutang, maka bisa siapkan dana terlebih dahulu untuk pembangunan rumah.

5. Rumah Dengan Dinding Unfinished

Jika rumah sudah selesai dibangun namun dananya menipis, maka bisa menciptakan rumah dengan interior unik. Yaitu dengan membangun rumah yang punya dinding unfinished atau dinding tanpa finishing. Jadi rumah Anda akan memiliki dinding tanpa dempul dan cat.

Dinding semen polos ini di dunia interior disebut dengan gaya industrial. Makan di area perkotaan gaya industrial ini sekarang sedang trend. Selain dinding unfinished, Anda juga bisa memilih membangun rumah dengan dinding batu bata yang tidak di semen atau disebut dengan gaya rustic.

Itu tadi beberapa tips yang bisa anda lakukan saat ingin bangun rumah dengan dana yang terbatas. Jika anda sedang membutuhkan untuk membangun rumah impian dengan dana terbatas, maka Sejasa akan membantu untuk menemukan kontraktor yang tepat. Sejasa akan memilihkan jasa kontraktor profesional dengan portofolio terbaik.

Kontraktor bangunan dari Sejasa akan membantu Anda untuk mendapatkan bangunan rumah sederhana dan minimalis. Bisa disesuaikan dengan anggaran yang ada. Untuk informasi lebih lengkap mengenai platform Sejasa, maka bisa kunjungi website resminya atau lewat aplikasi.