INGIN TOKO DI PADI UMKM DILIRIK PEMBELI? LAKUKAN CARA BERIKUT INI

Keunggulan platform digital jual barang dan jasa Pemerintah ini, tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga para pelaku usaha UMKM untuk memperoleh calon konsumen untuk membeli produk mereka. Feedback dan penilaian produk secara transparan dari pihak BUMN saat membeli produk UMKM juga menjadi keunggulan lainnya yang dimiliki platform digital ini, disaat pembeli percaya dan senang tentang produk tersebut maka pembeli lain akan berdatangan untuk membeli produk yang memiliki penilaian terbaik tersebut.

Platform digital pengadaan barang dan jasa BUMN ini hadir di tengah para pelaku usaha UMKM di Indonesia untuk memudahkan para pelaku UMKM berdagang secara online. Kementerian BUMN serta para UMKM lokal menyambutnya dengan penuh antusias. Keberadaan platform digital jual barang dan jasa pemerintah ini diharapkan mampu membantu para UMKM lokal agar dapat go digital dan bertahan di situasi sulit sekarang ini. Namun, apakah toko yang di daftarkan masih sepi pengunjung?

Dikutip dari Media Sosial PaDi UMKM (29/12/20), PaDi UMKM memiliki cara tepat agar penjual yang telah bergabung dapat dikunjungi tokonya oleh para BUMN sebagai pihak pembeli di platform digital pengadaan barang dan jasa pemerintah ini. Ketika toko tersebut berdiri di platform digital ini, maka pemasaran yang dilakukan akan mempengaruhi aktifitas pembelian dari berbagai keinginan pemesanan yang dilakukan oleh pembeli.

Langkah pertama yang perlu dilakukan ialah, Pastikan judul produk yang di daftarkan di toko penjual pada platform digital inisiasi BUMN ini jelas dan dicari oleh konsumen. Misalnya, jasa iklan sosial media murah PT. Cahaya Kencana, dengan judul yang spesifik seperti judul tersebut maka para pembeli akan mengingat bahwa paket yang ditawarkan berbeda dari toko lainnya yang menjajakan jasa serupa pada website padiumkm.id

Langkah kedua yang perlu dilakukan adalah update dan tambah produk secara berkala untuk memaksimalkan eksposur produk di hasil pencarian. Produk yang diperbaharui tampilan serta gambarnya akan menarik minat pembeli yang telah lama melihat maupun yang belum sempat melihat produk tersebut. Dengan seringnya intensitas upload produk yang dilakukan oleh penjual pada toko yang didirikan, maka ketika pengunjung yaitu pembeli saat melihat produk tersebut banyak dan baru terus sudut pengambilan gambarnya akan terkesan menarik dan menarik minat pembeli untuk bertanya secara langsung pada para penjual.

Langkah ketiga yang perlu dilakukan adalah promosikan produk dan toko secara konsisten lewat akun media sosial yang telah di daftarkan. Dengan mengandalkan kecanggihan media sosial yang semakin menarik pengguna untuk terus mengkonsumsi data digital setiap harinya, akan menciptakan aktifitas secara digital yang nantinya jika produk atau jasa yang toko penjual promosikan melewati akun tersebut akan memudahkan pencarian para pembeli yang ingin membeli produk dan jasa tersebut. Sertakan link, swipeup ataupun nama toko di yang tercantum sangat memiliki efek besar bagi para calon pembeli ketika melihatnya.

Langkah keempat yang perlu dilakukan adalah tag/mention akun media sosial PaDi UMKM dan BUMN rekanan agar konsumen selalu update dengan info terbaru. Ketika berpromosi dengan menggunakan kecanggihan yang media sosial miliki, memiliki pengaruh besar kedepannya untuk minat pembelian yang akan dilakukan oleh calon pembeli. Selamat mencoba!