Menganal 6 Manfaat Asuransi Jiwa Bagi Keluarga yang Perlu Anda Ketahui

BERITA|KESEHATAN

 

Untuk melindungi dari kerugian finansial karena kejadian tidak terduga, asuransi menjadi salah satu produk keuangan yang banyak dimiliki masyarakat saat. Ada banyak sekali jenis asuransi yang bisa dimiliki untuk keperluan perlindungan dari resiko finansial. Sebut saja seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang sudah berkeluarga, asuransi jiwa merupakan salah satu asuransi yang sangat direkomendasikan untuk dimiliki. Karena manfaat asuransi jiwa sangatlah penting untuk melindungi dari kehilangan sumber penghasilan keluarga akibat kejadian tidak terduga yang menimpa tulang punggung keluarga, seperti karena sakit, kecelakaan, cacat permanen, atau bahkan meninggal dunia.

Dalam membeli sebuah produk asuransi, pastinya kita ingin produk tersebut bisa memberikan manfaat yang dibutuhkan. Khusus untuk asuransi jiwa, jenis asuransi ini juga sangat direkomendasikan bukanlah tanpa sebab. Karena ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ketika Anda memilikinya, antara lain:

1. Berguna saat menghadapi resiko tidak terduga.

Kita tidak bisa memprediksi secara pasti apa yang akan terjadi di masa mendatang. Namun satu yang pasti, resiko kematian bisa menimpa semua orang. Hanya saja kapan hal itu terjadilah yang masih menjadi misteri. Jika kejadian tidak terduga seperti kematian tersebut terjadi pada tulang punggung keluarga, maka bisa dipastikan anggota keluarga yang ditinggalkan akan kehilangan. Tidak hanya kehilangan sosoknya saja, namun juga dari segi finansial. Untuk menghadapi resiko tidak terduga inilah, maka perlu memiliki asuransi jiwa.

2. Bisa digunakan sebagai investasi.

Saat membeli polis asuransi jiwa, Anda akan mendapatkan jaminan pengembalian investasi saat kontrak sudah berakhir. Umumnya masa pertanggungan pada asuransi jiwa lebih fleksibel, mulai dari 5-10 tahun. Jika ingin mendapatkan manfaat asuransi berupa investasi, sebaiknya memilih jangka waktu 10 tahun karena akan terasa hasilnya.

3. Bisa memberikan ketenangan dalam menjalani hidup.

Agar bisa merasakan perasaan tenang dan nyaman dalam menjalani hidup, adanya asuransi jiwa akan sangat membantu. Karena asuransi jiwa selayaknya dana darurat yang bisa digunakan saat tulang punggung keluarga sudah tidak bisa lagi menjadi penopang finansial keluarga.

4. Membantu meminimalkan kerugian finansial.

Resiko kematian tak jarang bisa memberikan dampak pada banyak pihak. Seperti ketika kematian tersebut terjadi pada tulang punggung keluarga. Bisa dipastikan jika hal tersebut akan berdampak pada sumber penghasilan yang harus terhenti. Untuk meminimalkan kerugian dari segi finansial inilah, maka perlu memiliki asuransi jiwa. Karena dengan adanya asuransi jiwa nantinya akan mendapatkan manfaat berupa uang pertanggungan jika tertanggung yang merupakan tulang punggung keluarga mengalami kematian.

5. Membantu dalam pengaturan keuangan.

Jika Anda termasuk orang yang kurang mampu melakukan perencanaan untuk masa depan, maka adanya asuransi jiwa sangat diperlukan. Asuransi jiwa dapat membantu dalam pengaturan keuangan yang lebih. Karena setelah Anda membeli asuransi jiwa, maka nanti secara tidak langsung akan dipaksa untuk menyisihkan sebagian pendapatan untuk membayar premi asuransi yang digunakan untuk masa depan.

6. Sebagai tabungan masa depan.

Membayar premi asuransi jiwa untuk jangka waktu panjang sama saja seperti menabung. Hanya saja hasilnya tidak bisa diambil sewaktu-waktu dan baru bisa dinikmati di akhir masa kontrak. Hasilnya pun bisa digunakan untuk mencukupi berbagai kebutuhan.

Itu tadi berbagai manfaat asuransi jiwa bagi keluarga yang perlu Anda ketahui. Maka dari itu, miliki asuransi jiwa mulai dari sekarang. Untuk pilihan produk asuransi jiwa yang terbaik saat ini, Anda bisa mempertimbangkan produk Flexi Life dari I Love Life Astra. Produk asuransi jiwa yang satu ini menawarkan banyak sekali kelebihan, seperti perlindungan hingga Rp 5 miliar tanpa cek medis, komitmen perlindungan tahunan hingga usia 85 tahun, bebas untuk mengatur besaran uang pertanggungan, masa kontrak, hingga frekuensi pembayaran premi. Serta semuanya prosesnya mulai dari pembelian hingga klaim yang bisa dilakukan secara online.