Mengenal Cabe Rawit Hijau, Si Pedas yang Kaya Manfaat

 

Berbicara mengenai makanan pedas maka peran cabe sangat penting disini, karena bumbu dapur inilah yang nantinya akan memberikan sensasi pedas pada makanan. Jika dilihat dari segi jenisnya sendiri maka cabe rawit  lah yang memang menawarkan sensasi paling pedas jika dibandingkan dengan jenis cabe yang lainnya. Tidak heran jika seandainya banyak orang yang prefer membeli cabe yang satu ini sebagai campuran masakan, khususnya bagi penggemar pedas.

Apa Itu Cabe Rawit Hijau

Cabe rawit hijau adalah anggota dari genus Capsicum yang memiliki warna hijau. Jika selama ini Anda hanya mengenal cabe rawit merah, maka sebenarnya ada jenis lain yang warnanya hijau pekat. Namun memang jika dilihat dari tingkat kepedasannya sendiri tidak sepedas yang merah. Ia bahkan memiliki sedikit rasa pahit sehingga lebih banyak dijadikan sebagai lalap, pelengkap ketika tengah makan gorengan atau sejenisnya.

Kandungan Gizi Cabe Rawit Hijau

Tentunya untuk jenis rawit dengan warna hijau ini sendiri mengandung beberapa senyawa penting didalamnya seperti:

  • Energi.
  • Protein.
  • Lemak.
  • Karbohidrat.
  • Kalsium.
  • Fosfor.
  • Zat besi.
  • Vitamin A.
  • Vitamin B1.
  • Vitamin C.
  • Air.

Manfaat Cabe Rawit Hijau untuk Kesehatan

Segudang manfaat rawit hijau juga bisa Anda rasakan dengan mengonsumsi, namun jangan berlebihan. Berikut ini diantara beragam manfaat yang patut diketahui, yaitu:

  1. Membantu penyembuhan flu, capsaicin yang terkandung didalam rawit hijau ini membantu untuk mengencerkan dan juga mengeluarkan lendir yang mengganggu saluran napas, sehingga bagus bagi yang sedang terkena flu.
  2. Membantu mengatasi nyeri sendi, tak hanya sensasi pedas saja yang dapat dirasakan dari cabe ini, melainkan juga sensasi pedas tersebut berkhasiat di dalam mengurangi nyeri sendi. Bekerja untuk meredakan otot yang stress dan menghindari kejang.
  3. Bantu atasi tekanan darah tinggi, capsaicin dalam cabe ini juga dapat membersihkan aliran darah ke seluruh tubuh, menghilangkan sumbatan-sumbatan pada aliran darah tersebut, sehingga bagus juga untuk jantung.
  4. Meningkatkan kinerja dan menjaga kesehatan jantung, organ jantung memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh. Jika aliran darah lancar dan sehat, maka hal ini juga akan mempengaruhi kinerja dari jantung dalam memompa darah, bisa jadi normal.
  5. Membantu meningkatkan nafsu makan, bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya rasa pedas yang ada dalam sebuah masakan justru mampu membangkitkan nafsu makan tersebut. Karena memang kandungan capsaicin yang ada didalamnya efektif untuk meningkatkan kadar endorphin dalam tubuh.
  6. Menjaga sistem imuns, sistem imuns atau kekebalan tubuh yang terjaga nantinya akan membuat Anda tidak mudah untuk terserang penyakit. Kandungan vitamin C yang ada dalam cabe rawit ini yang memiliki peran tersebut.
  7. Dapat mengurangi resiko terkena jamur kulit, capsaicin yang ada dalam cabe bagus untuk mengurangi bahkan juga menghilangkan jamur di kulit Anda.

Itulah diantaranya segudang manfaat dari cabe rawit hijau. Anda bisa mendapatkan beragam jenis bumbu dapur maupun sayur, buah sampai dengan daging segar mudah sekarang ini adalah online lewat aplikasi dari TaniHub. Dimana memang TaniHub ini sendiri merupakan sebuah platform ecommerce berbasis aplikasi yang secara khusus menjual produk hasil pertanian lengkap. Disini semua produknya didapatkan secara langsung dari para petani yang baru saja panen, sehingga dapat menjaga kualitas kesegarannya, apalagi ia juga dikirim secara cepat, sehingga tetap terjaga segarnya.