Mesiasati Agar Baterai Alkaline Dapat Berfungsi Kembali

Ketika kecil, dulu orang tua kita sering mengajarkan kita agar menjemur baterai yang sudah digunakan yang hampir kosong. Karenanya kalian cepat cepat mensortir baterai yang akan habis di buang dengan membeli baterai yang baru. Dan ketika baterai selesai di jemur dan nyatanya memang  baterai tersebut dapat digunakan dalam beberapa saat sebelum akhirnya baterai tersebut mati total sampai tidak bisa di pergunakan lagi. Tapi memang ternyata begitu adanya kenapa dengan baterai tersebut, waktu itu mungkin masih ingat dengan merk baterai alkaline, karena orang tua dulu sering menggunakannya. Mungkin di benak kita apakah memang benar baterai alkaline yang hampir kosong dapat diisi kembali setelah di jemur.

Baterai alkaline yang sedang penulis  bahas adalah baterai biasa yang sering dipakai dengan jenis baterai AA ataupun baterai AAA.  Berbeda dengan baterai yang teknologinya sudah meningkat yakni dengan menggunakan panel surya baterai tersebut mampu menyerap cahaya matahari dan secara otomatis langsung dapat mengubah menjadi energy listrik.

Cara Agar Baterai Habis dapat Digunakan Kembali

Baterai merupakan alat fungsi untuk menyalurkan arus listrik serta mengubah energy  kimia menjadi sebuah aliraan yang mempunyai daya listrik, baterai pun mempunyai kandungan electron yang dapat menyalurkan energy didalam baterai itu sendiri. Dan biasa nya baterai mempunyai juga titik terminal dua sisi yang pastinya itu adalah aliran electron electron yang mengalir anatara positif dan negative sehingga subjek yang memakai baterai alakaline dapat berfungsi dengan benar. Kalau baterai di simpan dengan memilki ruangan suhu yang tidak tentu atau terlau dingin dan terlalu panas maka dipastikan baterai tersebut tidak akan berfungsi dengan baik, akan tetapi dengan adanya pergeseran suhu ke suhu normal maka elektron yang ada pada baterai testimulasi hingga akan mengakibatkan akan terjadi aliran energy.

Maka demikian yang akan terjadi kalau baterai alkaline setelah dijemur mengakibatkan suhu baterai mengalami sedikit mempunyai energy dan baterai seolah olah terisi ulang dan berfungsi kembali. Tapi menjemurnya hanya sebentar saja, kalau di jemur terlalu lama juga akan mengakibatkan baterai tersebut akan tidak berfungsi alias mati total. Disamping aliran energy tidak berfungsi dengan baik ketika terlalu lma menjemur juga akan membuat baterai cepat meleleh, terbakar dan bahkan akan meledak, makanya harus berhati hati di saat menjemur baterai, yang sangat tidak terduga juga baterai yang rusak dapat membahayakan kesehatan seperti terkena kanker dan keracunan, yang di sebabkan bahan bahan yang ada didalam baterai tersebut keluar melalui emisi kimiawi. Sangat disarankan sekali jika kalian mengetahui kalau baterai yang sudah tidak terpakai lagi mengeluarkan cairan dan dengan tidak sengaja mengenai tangan maka harus cepat cepat tangan kalian harus di cuci memakai sabun hingga bersih agar kalian tidak keracunan, dan disaran kan juga kalau mempunyai baterai yang sudah tidak terpakai maka kalian harus segera membuang nya dengan rapi.

Ketika Baterai alkaline terkena air hingga baterai tersebut basah jangan buru buru di buang, baterai itu masih bisa dijemur dan digunakan kembali.  Namun jika memang baterai tersebut terendam air dengan waktu yang lama maka sudah dipastikan baterai itu tidak akan berfungsi kembali, sebaiknya kalian membuangnya, karena baterai nya tidak akan bisa dipakai lagi.

Pada akhirnya baterai alkaline tidak bisa dijemur dengan terus menerus kecuali memang bahan bahan kimia yang ada didalam baterai tersebut masih ada atau diganti dengan cairan kimia yang baru.