Penggunaan Face Mask Yang Tepat Pada Saat Pandemi

Pada saat pandemi pemerintah tidak berhenti untuk menghimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan apabila melakukan aktivitas di luar rumah. Dengan demikian, banyak masyarakat yang membeli berbagai macam masker untuk mematuhi peraturan pemerintah. Masker yang dianjurkan oleh pemerintah adalah masker bedah yang biasanya dipakai oleh tenaga medis, dan juga face mask yang mudah untuk didapatkan oleh masyarakat.

Meski begitu, perlu diketahui bahwa memakai masker kain harus dengan cara yang tepat, diantaranya adalah:

1. Mencuci Tangan Sebelum Menggunakan Face Mask

Pada saat akan menggunakan face mask pastikan terlebih dahulu bahwa tangan dan anggota tubuh lainnya sudah bersih. Hal ini berguna agar tubuh anda bersih sebelum melakukan aktivitas di luar rumah.

Dengan tetap menjaga tubuh tetap bersih maka dapat mencegah tubuh dari paparnĀ  virus corana.Apabila anda telah melakukan aktivitas di luar ruangan, maka jangan lupa untuk cuci tangan dengan sabun.

2. Pilih Face Mask Yang Sesuai

Pemilihan face mask yang sesuai dengan bentuk wajah juga dapat mempengaruhi keefektifitasnya dalam mencegah virus corona. Oleh sebab itu, anda perlu mencari masker yang sesuai dengan ukuran wajah anda, yang menutupi area sekitar mulut, hidung dan dagu anda.

Setiap orang tentunya memiliki ukuran wajah yang berbeda, sehingga anda harus memilih masker yang pas dengan ukuran wajah anda. Apabila terlalu besar akan memiliki peluang virus dapat masuk melalui celah disekitar wajah anda. Akan tetapi, apabila terlalu kecil maka dapat menghambat pernafasan anda, sehingga menyebabkan sesak nafas dan juga sakit kepala.

3. Hindari Menyentuh Face Mask Saat Digunakan

Pada saat memakai masker seringkali tidak sadar bahwa telah menyentuhnya beberapa kali. Hal ini perlu untuk dihindari, karena saat menyentuh hanya untuk memperbaiki letak masker yang kurang nyaman karena longgar, dapat mengakibatkan tangan yang digunakan untuk menyentuh terkena debu yang ada di masker.

Hal tersebut tentunya dapat membuat tangan yang pada awalnya bersih menjadi kotor akibat debu yang menempel pada masker tanpa disadari. Oleh karena itu, pada pandemi seperti ini dianjurkan untuk sering mencuci tangan dengan sabun atau dengan menggunakan handsanitizer.

4. Face Mask Yang Telah Digunakan Wajib Untuk Dicuci

Setelah menggunakan face mask diharuskan untuk mencuci terlebih dahulu sebelum dipakai kembali. Untuk cara mencuci masker anda dapat mencuci seperti biasanya menggunakan detergen. Namun akan lebih baik apabila setelah kering anda menyetrikanya terlebih dahulu sebelum memakainya. Hal tersebut berguna agar masker yang akan digunakan lebih bersih.

5. Apabila Face Mask Rusak Atau Robek Segera Ganti Dengan Yang Baru

Penggunaan face mask setiap hari dengan cara setalah dicuci langsung dipakai, tidak memungkin masker tersebut lambat laun akan mengalami kerusakan. Apabila masker tersebut mengalami kerusakan dan robek, maka dihimbau untuk menggantinya dengan yang baru.

Dengan mengganti yang rusak dengan masker yang baru berdampak dengan efektifitasnya untuk mencegah virus corona. Oleh sebab itu jangan segan untuk mengganti masker yang rusak dengan yang baru.

Itulah beberapa cara yang tepat dalam pemakaian face mask. Menjaga masker tetap bersih merupakan salah satu upaya dalam mencegah virus corona. Atur pola makan yang seimbang, dan jika diperlukan maka konsumsi vitamin untuk menjaga sistem imun dalam tubuh. Nah ketika membeli masker terbaik hanya pilih dari toko online yang direkomendasikan yaitu custom.my.