Pentingnya Memiliki Asuransi Jiwa!

Tips memilih asuransi jiwa tentu saja dibutuhkan untuk Anda yang sedang mencari jenis proteksi satu ini.

Seperti diketahui, asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang memberikan santunan tunai jika tertanggung meninggal dunia akibat sakit, kecelakaan, dan risiko lainnya yang tidak disengaja.

Karena asuransi jiwa sangat penting untuk dimiliki, khususnya bila Anda merupakan tulang punggung bagi keluarga, mari kita ketahui lebih jauh mengenai pentingnya memiliki asuransi jiwa dan rekomendasi selengkapnya.

Berbicara mengenai asuransi, ternyata masih banyak yang belum memikirkan betapa bermanfaat dan pentingnya memiliki asuransi. Rendahnya minat masyarakat terhadap asuransi umumnya dilatarbelakangi oleh sudut pandang bahwa proses dan klaimnya sulit dan memakan banyak waktu.

Nah, pada kesempatan ini akan kami bagikan informasi mengenai asuransi dan jenis asuransi terbaik yang patut Anda miliki.

Apa Itu Asuransi?

Asuransi adalah salah satu produk pengelolaan keuangan yang memiliki tujuan agar memperoleh ganti rugi dari risiko financial yang mungkin saja bisa terjadi. Asuransi merupakan bentuk perjanjian antara 2 pihak yaitu tertanggung dan penanggung.

Tertanggung adalah pemilik asuransi atau nasabah, sedangkan penanggung adalah perusahaan asuransi yang terkait. Sekarang ini, banyak sekali perusahaan asuransi dan berbagai produk asuransi yang bisa Anda beli sesuai kebutuhan.

Alasan harus punya asuransi jiwa

Perlindungan finansial dari asuransi penting untuk dimiliki agar Anda tidak terbebani dengan pengeluaran mendadak yang pada akhirnya bisa menguras tabunganmu.

Dengan memiliki asuransi jiwa, risiko pengeluaran mendadak yang besar dialihkan menjadi pengeluaran premi rutin, sehingga kas keuangan lebih terkontrol.

Alasan lain kenapa harus punya asuransi jiwa adalah untuk melindungi kelangsungan hidup keluarga. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang.

Jika hal yang buruk terjadi padamu yang notabenenya adalah kepala keluarga, maka kelangsungan hidup keluarga yang akan terancam.

Karena itu, memiliki asuransi jiwa tak hanya penting bagi diri sendiri, tetapi bermanfaat bagi anggota keluarga, mulai dari memberi rasa aman hingga melindungi ahli waris dari beban finansial.

 

Manfaat dari Asuransi Jiwa

Seperti dijelaskan sebelumnya, asuransi jiwa bermanfaat sebagai pemberi santunan meninggal dunia serta santunan cacat jika tertanggung mengalami suatu kecelakaan atau musibah.

Selain itu, berikut adalah manfaat dari produk asuransi jiwa yang penting untuk Anda pahami.

1. Santunan untuk meninggal dunia

Terakhir, untuk santunan meninggal dunia. Ini akan diberikan jika tertanggung meninggal dunia. Biasanya tunjangan yang diberikan yakni sebanyak 100%, bahkan lebih uang pertanggungan.

2. Santunan untuk cacat tetap total

Santunan yang satu ini akan diberikan jika tertanggung mengalami cacat tetap secara total yang menyebabkan tidak bisa bekerja. Santunan ini biasanya akan diberikan sebanyak 100 % uang pertanggungan.

3. Santunan untuk cacat tetap sebagian

Santunan ini diberikan jika tertanggung mengalami cacat yang tetap sebagian. Seperti jika sebagian anggota tubuh tidak berfungsi, sebut saja lumpuh kaki atau lumpuh tangan.

Biasanya uang pertanggungan yang nanti akan diberikan merupakan proporsional berdasarkan pada kerugian.

4. Manfaat lainnya

Memiliki jaminan finansial dari asuransi jiwa bisa memberikan berbagai manfaat sebagai berikut:

  • Dapat mengelola keuangan untuk keluarga
  • Bisa menjamin pendidikan anak
  • Untuk memastikan kelangsungan kehidupan keluarga tercinta
  • Dapat memberi rasa aman
  • Bisa melindungi ahli waris agar terbebas dari beban finansial.

Miliki asuransi jiwa sekarang juga!

Asuransi jiwa kerap kali diidentikkan dengan orangtua. Padahal, Anda yang masih sehat dan muda juga tetap membutuhkannya.

Apalagi, untuk Anda yang sudah berumah tangga dan memiliki anak juga harus mementingkan produk asuransi satu ini.

Sebab, salah satu keuntungan memiliki asuransi selagi muda adalah premi asuransi yang bayarkan akan semakin ringan.

Jangan berpikir seperti membuang-buang uang untuk memiliki premi asuransi karena manfaatnya tidak langsung terasa. Anda harus mengubah cara pandang bahwa asuransi diibaratkan bayar sekarang untuk menghadapi musibah yang datang di kemudian hari.

Semua manfaat asuransi memang tidak langsung dirasakan sekarang atau saat ini oleh pemiliknya, namun hal ini akan sangat bermanfaat untuk hidupmu kelak ketika musibah datang.