Tahapan Perkembangan Kognitif Anak yang Perlu Diketahui Orang Tua

Kemampuan kognitif adalah sebuah kemampuan anak untuk mendapat pengetahuan dan maknanya. Kemampuan kognitif sendiri terhitung ke dalam kategori kemampuan motorik yang mempunyai hubungan kuat dengan proses mengingat, pengambilan keputusan sampai pemecahan permasalahan.

Untuk perkembangan kognitif sendiri terbagi dalam beberapa tahapan. Oleh karena itu Bunda harus mengetahui tahapan-tahapan perkembangan kognitif di bawah ini.

1. Tahap Sensorimotor

Tingkatan ini ini masuk ke kisaran usia  antara 18 sampai 24 bulan. Dimana bayi mulai memahami dunia dan memulai berkoordinasi dengan pengalaman sensorik dan tindakan motorik. Perkembangan anak dapat dilihat dari caranya memahami obyek dan kejadian yang berada di dunia secara alami.

2. Tahap Praoperasional

Tahapan praoperasional untuk anak umur 2 sampai 7 tahun. Pada tahap ini anak akan membangun pengalaman mengenai dunia dan memulai beradaptasi. Hingga nanti setelah mencapai akhir tahap, anak semakin lebih gampang untuk merepresentasikan kejadian dan obyek serta ikut terlibat di dalam permainan simbolik.

3. Tahap Operasional Konkret

Anak umur 7 sampai 11 tahun mengalami tahapan operasional operasional. Dimana anak sudah mulai berpikir lebih terorganisir dan  logis. Di sini, anak seperti menemui titik balik utama yakni ditandai dengan awal pemikiran yang rasional.

4. Tahap Operasional Formal

Pada tahapan ini merupakan tahapan paling akhir anak mengalami perkembangan kognitif yakni mulai 12 tahun sampai anak masuk umur dewasa. Pada tahapan ini anak mulai berpikiran secara abstrak dan dapat melakukan manipulasi gagasan yang berada di kepala tanpa rasa keterikatan.

Bila anak mulai masuk tingkatan remaja ini maka anak bisa berpikir secara kreatif dan memakai logika. Anak juga dapat berpikir secara matematis dan memikirkan dari hasil dari tindakan yang dilakukan sehingga mulai dapat memahami mana yang jelek dan mana yang baik.

Maka bila ada yang menanyakan mengenai kemampuan kognitif, kemampuan kognitif adalah berfokus pada beberapa tahapan perkembangan kognitif anak. Bunda harus mengetahui perkembangan kognitif sang buah hati agar bila ada perkembangan kognitif anak yang mungkin terganggu dapat diketahui lebih awal dan dicari jalan keluar pemecahan masalahnya.